Home » » Tips Memasak Nasi Agar Pulen dan Enak

Tips Memasak Nasi Agar Pulen dan Enak

Nasi adalah makanan pokok hampir seluruh masyarakat Indonesia. Banyak yang bilang kalau belum makan nasi rasanya seperti belum makan. Karena itu orang Indonesia selalu berusaha memasak nasi seenak mungkin. Nasi yang enak dan pulen bisa didapat dari beras yang berkualitas bagus. Namun, jika ternyata beras yang kita beli hanya berkualitas sedang atau bahkan pera, kita tetap bisa mengakalinya agar rasa nasi lebih enak.
Tips memasak nasi pulen dan enak yang pertama adalah dengan memasukkan 2-3 lembar daun pandan saat memasak nasi. Daun pandan akan membuat aroma nasi menjadi lebih wangi dan tidak cepat basi. Agar nasi tidak terlalu lembek, gunakan air secukupnya saja. Namun untuk beras yang pera, Anda bisa menambahkan 2 kali air dari yang biasanya dibutuhkan untuk memasak beras yang pulen. Agar beras pera tidak mudah menjadi kuning, perciki tempat memasak nasi dengan sedikit air jeruk nipis.
Jika nasi pera masih kurang pulen, Anda dapat mecampurkan bubuk agar-agar yang berwarna putih ke dalam beras yang akan dimasak dengan perbandingan ½ bungkus agar-agar untuk satu liter beras. Dan untuk Anda yang suka memasak nasi dengan magic com, sebaiknya langsung cabut kabel setelah nasi masak. Lalu, buka magic com dan biarkan uapnya keluar sampai habis. Anda juga bisa menutup magic com dengan serbet putih untuk menjaga agar nasi tidak cepat menguning, berair, dan basi. Sebenarnya selain tips memasak nasi pulen dan enak di atas, saat membeli beras Anda bisa melakukan beberapa langkah agar tidak salah memilih beras pera.
Pertama, belilah pada penjual yang sudah kita kenal. Biasanya ada juga penjual beras yang nakal mencampurkan beras pulen dengan beras pera. Untuk menghindari ini, kenali ciri-ciri beras yang baik. Beras yang baik dan masih baru, biasanya berwarna putih bersih, bentuknya panjang, tidak patah, dan baunya harum.
Jika Anda masih ragu memilih beras biasa, Anda bisa beralih ke beras merah. Sekarang memang banyak orang yang menyukai beras merah karena alasan kualitas dan manfaat kesehatan. Beras merah memiliki kandungan serat dan gizi yang jauh lebih tinggi daripada beras putih biasa. Orang yang sering mengalami sulit BAB dan mereka yang sedang diet sangat disarankan mengonsumsi nasi merah ini. Yang perlu Anda lakukan untuk memasak nasi merah yang pulen dan enak hampir sama dengan cara memasak nasi putih. Masukkan air secukupnya agar beras merah tidak terlalu pera. Nasi merah akan sangat pas disajikan dengan sayur dan lauk yang sehat agar manfaatnya bagi tubuh semakin terasa. Dengan tips memasak nasi pulen dan enak ini, kini Anda tidak perlu jengkel lagi dengan nasi yang keras dan mudah basi.
Sumber
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment